Mukadimah

Selamat Datang di Museum Barang Antik yang disajikan secara online, Keaslian barang dijamin 100%, bukan hanya itu saja.. Semua barang yang ada di Museum Barang Antik ini dapat anda miliki setelah melakukan "REAL DEAL" dengan pihak pengelola kami, Di sini kami akan selalu memberikan informasi riwayat barang-barang antik yang akan kami jual kepada anda, Jadi.. Jika anda ingin mencari Toko Barang Antik yang berkualitas serta dijamin keasliannya secara online, Hanya di Museum Barang Antik yang selalu siap melayani anda. Selamat menikmati sensasi perjalanan kembali menuju situs purbakala :)

Rabu, 05 September 2012

Sejarah Mata Uang Indonesia - RUPIAH


Rupiah - Pada masanya "Rupiah" Berasal dari kata "Rupee", Yaitu satuan Mata uang India, Sebelumnya Sejak tahun 1610 hingga 1817 Indonesia masih menggunakan mata uang Gulden Belanda. Hingga setelah tahun 1817 diperkenalkanlah Mata uang Gulden Hindia-Belanda. Pertama kalinya Mata Uang Rupiah di perkenalkan secara resmi pada waktu Perang Dunia ke-2 Tepatnya Sewatu pendudukan jepang dengan nama Rupiah Hindia Belanda.

Pasca Perang, Bank Jawa (Javaans Bank yang selanjutnya berubah nama menjadi Bank Indonesia) memperkenalakan mata uang Rupiah Jawa sebagai pengganti. Mata uang Gulden NICA yang dibuat oleh sekutu serta beberapa mata uang yang dicetak oleh kumpulan gerilya juga berlaku pada masa itu.

Gubernur Propinsi Sumatera Utara mengeluarkan Rupiah URIPS Yaitu Uang Republik Indonesia Propinsi Sumatera Utara pada tahun 8 April 1947.

Sejak 2 november 1949 yaitu 4 tahun pasca Bangsa Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, Rupiah Dikeluarkan sebagai mata uang Kebangsaan yang baru. Akan tetapi pada masa itu Kepulauan Riau dan Irian Barat masih menggunakan variasi rupiah mereka sendiri hingga dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian barat.

Sekian penjelasan mengenai sejarah mata uang rupiah, Semoga apa yang tadi saya sampaikan bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pengunjung Museum Barang Antik, Mari kita lanjutkan perjalanan ke barang antik berikutnya..................... :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar